Coraline oleh Neil Gaiman

85c627fe5ceb2325ddee6875bf5c7eeeBuku pertama yang kuselesaikan pada tahun 2017 ialah Coraline oleh Neil Gaiman.

Sebenarnya aku membaca terlebih dahulu Dunia Sophie oleh Jostein Gaarder dan Education of A Wandering Man oleh Louis L’Amour tapi karena Dunia Sophie terlalu tebal dan Education of A Wandering Man menggunakan Bahasa Inggris yang sulit dimengerti (karena keterbatasan literatur Bahasa Inggrisku), dan karena Goodreads telah mengingatkanku untuk menghabisi 2 buku, maka aku putuskan untuk membaca buku-buku fantasi “ringan” Neil Gaiman. Buku pertama yang kupilih adalah Coraline.

Buku ini menceritakan tentang petualangan Coraline, seorang anak perempuan yang baru saja pindah ke flat barunya. Dia menemukan sebuah pintu misterius yang membawanya ke suatu tempat yang mirip dengan flatnya. Di sana dia bertemu dengan orang tua lainnya. Semua hal terasa menarik di tempat itu namun banyak kejanggalan terjadi.

ss

Buku ini disajikan secara menjijikkan sekaligus menyeramkan. Banyak karakter atau benda yang Neil ciptakan belum pernah ada di dunia sebelumnya, namanya juga fantasy. Seperti ibu Coraline lainnya yang bermata kancing hitam. Bayangkan, bola matanya adalah kancing berwarna hitam. Gambar sebelah merupakan ilustrasi ibu lainnya Coraline dalam buku ini.

Karakter Coraline sendiri merupakan anak gadis yang logis, pemberani, menyukai petualangan, dan hal yang baru. Aku rasa mungkin dia ENTP.

Aku sebenarnya kerap kesulitan mencari buku ini karena aku kira nama gadis ini adalah Caroline tapi ternyata Coraline. Di bagian akhir buku, Neil bilang bahwa ternyata tulisan Coraline memang merupakan typo untuk nama Caroline saat dia menulis. Namun, temannya berkata bahwa typo bisa menjadi hal yang penting untuk sebuah tulisan sehingga dia membiarkannya.

Secara jujur aku bisa katakan aku kurang menikmati buku ini. Bukan karena ceritanya, tapi karena bahasa. Aah. Coraline yang ku baca adalah e-book berbahasa Inggris. Andai saja literatur membacaku lebih baik lagi, mungkin aku bisa lebih menikmati buku ini.

Leave a Reply

