The World That I Live In oleh Helen Keller

Helen Keller. Aku tahu tentang Helen Keller karena sebuah drama Jepang yang berjudul Glass No Mask yang menceritakan seorang artis remaja yang sangat jenius dalam bidang akting. Salah satu peran yang paling menantang baginya adalah memerankan Helen Keller yang berusia 7 tahun yang tidak bisa mendengar dan melihat. Helen Keller dilatih oleh seorang guru dan setelah bersusah payah akhirnya dia bisa belajar bahasa manusia. Air adalah objek yang dia kenali pertama. Aku rasa cerita itu sungguh luar biasa, dan saat itu aku tidak tahu bahwa Helen Keller ternyata bukan karakter khayalan, namun memang ada dalam dunia nyata.

316577

Buku ini menceritakan mengenai dunia Helen Keller seperti apa, dimana dirimu tidak bisa melihat cahaya dan warna dan mendengar semua suara. Dan ternyata, setelah aku membaca buku ini, aku menjadi tahu bahwa dunia seperti itu tidak segelap yang kita bayangkan. Dunia Helen ternyata bisa seindah yang dia deskripsikan dimana ketika seseorang tidak mempunyai 1 atau 2 indera, maka indera lainnya berfungsi secara lebih baik dari orang yang mempunyai indera yang lengkap. Helen menyatakan bahwa kemampuannya yang paling utama adalah berimajinasi. Dengan indera perasa yakni tangan, dia bisa menggambarkan sebuah objek seperti apa. Sama halnya dengan warna.

Buku ini sungguh luar biasa indahnya, aku tidak percaya bahwa keindahan dunia dituliskan oleh seseorang yang tidak bisa melihat dan mendengar. Aku menjadi lebih dan lebih menghargai indera perasa dan indera penciumanku. Aku juga menjadi lebih menyadari bahwa mata merupakan sebuah indera yang sangat menakjubkan. Dan aku bersyukur aku dikaruniai indera-indera secara lengkap.

Terima kasih, Helen Keller. Anda sudah berbagi dunia Anda pada kami semua.

Leave a Reply

